Tips Perawatan Mesin Genset Awet Dan Tahan Lama

Di dalam kehidupan sehari – hari pastilah anda sering menjumpai mesin genset. Mesin genset ini banyak digunakan di berbagai macam tempat – tempat umum khususnya tempat – tempat yang sangat membutuhkan penerangan dan tidak bisa terlepas dari penerangan dan listrik misalnya saja supermarket, rumah sakit, mall, pabrik dan sebagainya. Genset juga bermacam-macam ukurannya, ada yang besar dan kecil. Untuk Genset kecil, harganya bisa dimulai dari Rp 2.500.000,- (lihat: harga generator mini). Genset di sini berperan besar sebagai pengganti energi listrik yang bisa digunakan untuk menjalankan aliran listrik  yang membuat mesin bisa bekerja meskipun dalam keadaan mati listrik akibat adanya pemadaman. Maka hampir sebagian besar pemilik tempat – tempat tersebut menyediakan genset.

Tips perawatan mesin genset

Pada dasarnya, mesin genset adalah sebuah mesin generator yang bisa menghasilkan energi listrik yang dapat disalurkan untuk menghidupkan berbagai macam peralatan yang memanfaatkan listrik dalam pengoperasianya. Mesin ini berbentuk berupa diesel yang menggunakan bahan bakar solar. Selain itu, mesin genset ini juga mempunyai berbagai macam model atau tipe yang berbeda – beda satu sama lain sesuai dengan besarnya kekuatan yang dihasilkan.

Genset kapasitas besar

Layaknya seperti alat mesin diesel yang lainya, mesin genset ini juga merupakan salah satu alat yang sangat rentan terhadap berbagai macam kerusakan. Jika mempunyai alat ini, sebaiknya sangat penting sekali untuk dilakukan perawatan yang khusus agar tetap awet dan tahan lama.

(lihat YouTube Channel: https://www.youtube.com/channel/UCsEmCaRPBy4jfkm9vuU7how untuk panduan perawatan genset)

Ada beberapa tips yang anda bisa lakukan untuk perawatan mesin genset . Anda bisa melakukan berbagai tips berikut ini untuk merawat genset , yaitu sebagai berikut :

  1.             Cari berbagai macam informasi melalui buku, internet dan sebagainya mengenai bagaimana pengoperasian mesin genset. Dengan mengetahui bagaimana cara yang baik dan benar dalam pengoperasian genset yang benar maka inshallah mesin genset anda akan awet. Jika anda merasa kurang percaya diri, anda bisa meminta seseorang untuk menjadi operator
  2.            Pastikan oli pada mesin genset selalu dalam kondisi yang  tidak berlebihan ataupun tidak kurang.  Jika oli sudah nampak mengental sebaiknya segera diganti dengan yang baru dan jangan lupa untuk selalu memilih oli yang berkualitas bagus karena oli merupakan bahan utama untuk kelancaran mesin genset.  Apabila mesin diesel genset sering digunakan, gantilah oli sekitar 150 jam  ( atau sekitar 1 bulan sekali )
  3.             Letakan mesin genset pada permukaan yang rata atau diletakan di atas  pondasi yang kuat untuk menjaga mesin tidak labil saat hidup.
  4.            Selalu jaga kebersihan pada mesin genset. Jangan biarkan mesin genset anda mengalami kebocoran dan segera bersihkan debu  dan kotoran karena hal tersebut dapat membuat rusak mesin genset anda lebih cepat. Anda bisa mengulapnya dengan lap kain atau dengan kanebo. Hal ini juga mempunyai fungsi agar mesin radiator bisa bekerja secara optimal
  5.             Lakukan pengecekan secara rutin pada mesin genset anda setiap 1 bulan sekali. Lakukan pengecekan pada sparepart, jika ada beberapa sparepart yang rusak maka segera gantilah agar tidak nambah parah kerusakan pada komponen mesin genset yang lain
  6.             Lakukan pemeriksaan distilled  water pada battery yang mana harus diisi ulang setiap  2 tahun sekali
  7.            Taruhlah genset pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus  dan jauhkan dari tempat yang jauh terkena air untuk antipasi adanya kebocoran arus dari genset yang menyebabkan shock electricity

h.             Sesekali nyalakan genset meskipun tidak pernah atau jarang dgunakan. Hal ini dilakukan agar mesin selalu dalam keadaan panas sehingga  genset anda akan awet dan tahan lama jauh dari kerusakan.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *